Skip to main content

Game Programmer - Penerapan Monetisasi dalam Game


TELUx
Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah Building Game Monetization bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep pembangunan monetisasi pada produk game menggunakan Unity Ads. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar logika matematika dan algoritma pemrograman. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi PC Game Monetization dan Mobile Game Monetization. Metode yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri menggunakan “Predefined Game Project”. Asesmen pada mata kuliah adalah membuat project game sederhana yang didalamnya sudah ada Rewarded Ads, Baner Ads dan Interstitial Ads.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  • Peserta mampu mengintegrasikan unity Ads ke dalam game
  • Peserta mengetahui kelengkapan mengupload game ke game market berbasis PC
  • Peserta mengetahui kelengkapan mengupload game ke game market berbasis Mobile

Bobot

  • 2 SKS (1 SKS @45 Jam)

Model Pembelajaran

  • Instructor-Pace

Jadwal Perkuliahan

  • Week 1: Materi Sesi 1-Sesi 2 (21 Feb 2022) : VC1
  • Week 2: Materi Sesi 3 (28 Feb 2022) : OL
  • Week 3: Materi Sesi 4 (7 Mar 2022) : OL
  • Week 4: Materi Sesi 5-Sesi 6 (14 Mar 2022) : VC2
  • Week 5: Materi Sesi 7-Sesi 8 (21 Mar 2022) : VC3
  • Week 6: Materi Sesi 9 (28 Mar 2022) : OL
  • Week 7: Materi Sesi 10 (4 Apr 2022) : OL
  • Week 8: Persiapan Final Project (5 Apr 2022) : VC4

Keterangan: VC (Video Conference/Synchronus), OL (Online/ASynchronus)

Assessment

  • Kuis : 40%
  • Final Project: 60%

Referensi

  • Doran, John., 2020, Unity 2020 Mobile Game Development: Build, Deploy, and Monetize Engaging 2D and 3D Games for Android and iOS, Packt

Profil Dosen

 

Yahdi Siradj S.T., M.T.

Dia merupakan dosen di Telkom University yang banyak melakukan riset dibidang Aplikasi Permainan. Merupakan inisiator dalam pengembangan TeluCraft yaitu sebuat Metaverse Telkom University berbasis game Minceraft. Dia merupakan salah satu pembina study grup yang berkaitan dengan visualisasi digital 2D dan 3D. Saat ini dia menjabat sebagai Ketua Kelompok Keahlian di program studi Teknologi Rekayasa Multimedia (TRM). 

Email: [email protected]

 

Amir Hasanudin Fauzi, S.T., M.T.

Seorang gamer avid yang sengaja menjadi dosen untuk mendukung aktivitas gaming-nya. Banyak beraktivitas dalam pengembangan game. Riset yang dia lakukan selama ini adalah bagaimana mengimplementasikan video game untuk mengajak pengguna mempelajari lebih lanjut tentang peninggalan sejarah, atau mengajak pengguna untuk belajar lebih banyak tentang spesies yang terancam punah, atau bagaimana menarik minat pengguna untuk mengunjungi tempat wisata..

Email: [email protected]

 

Fattah Noor Prawita, S.T., M.T.
Dia merupakan dosen di Telkom University yang banyak melakukan riset dibidang Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Mixed Reality (MR). Merupakan salah satu pembina study grup yang berkaitan dengan aplikasi permainan dan software aplikasi. Saat ini dia menjabat sebagai Manager of Content Development di Center of eLearning and Open Education Telkom University. 

Email: [email protected]

 

Rickman Roedavan
(Rikman Aherliwan Rudawan, S.T., M.Kom.)

Penulis Best Seller Unity & Construct2 Tutorial Game Engine. Dosen Pemrograman Aplikasi Permainan sekaligus Pembina Laboratorium Riset Multimedia Telkom University. Pernah berkolaborasi dalam tiset internasional bersama Universiti Teknologi Melaka Malaysia (UTEM) dan Multimedia University (MMU) dalam pengembangan produk Game-based Learning. Sebelumnya bekerja sebagai Senior Programmer dan System Analyst di bidang Wargaming System dan Flight Simulator di BUMN PT. Dirgantara Indonesia (Persero) 

Email: [email protected]

  1. Nomor Kursus

    MCGP0007
  2. Kelas Dimulai

  3. Kelas Berakhir

  4. Estimated Effort

    08:00
  5. Bahasa

    Indonesian
  6. Tipe Mata Kuliah

    Self Paced
  7. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.