Skip to main content

Template GP-FPS


TELUX
Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Pembuatan Game First Person Shooter (FPS) 3D ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat memahami konsep fundamental pengembangan game 3D yang diimplementasikan ke dalam bentuk micro-game FPS 3D. Peserta yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan memiliki dasar logika matematika dan algoritma pemrograman. Materi yang diajarkan dalam mata kuliah ini meliputi POV Movement, Shooting Projectile, Scoring System dan Win/Love Condition. Metode yang digunakan merupakan kombinasi antara modul, video, dan praktikum mandiri menggunakan “Predefined Game Project”. 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  • Peserta mampu membuat pergerakan First Person Shooter (FPS) berbasis PC
  • Peserta mampu membuat mekanisme projectile 3D
  • Peserta mampu membangun mekanik game bergenre FPS 3D

Bobot

  • 2 SKS (1 SKS @45 Jam)

Model Pembelajaran

  • Instructor-Pace

Jadwal Perkuliahan

  • Week 1: Materi Sesi 1-Sesi 2 (21 Feb 2022) : VC1
  • Week 2: Materi Sesi 3 (28 Feb 2022) : OL
  • Week 3: Materi Sesi 4 (7 Mar 2022) : OL
  • Week 4: Materi Sesi 5-Sesi 6 (14 Mar 2022) : VC2
  • Week 5: Materi Sesi 7-Sesi 8 (21 Mar 2022) : VC3
  • Week 6: Materi Sesi 9 (28 Mar 2022) : OL
  • Week 7: Materi Sesi 10 (4 Apr 2022) : OL
  • Week 8: Persiapan Final Project (5 Apr 2022) : VC4

Keterangan: VC (Video Conference/Synchronus), OL (Online/ASynchronus)

Assessment

  • Kuis : 40%
  • Final Project: 60%

Referensi

  • Roedavan, R., 2018, Unity Tutorial Game Engine, Penerbit Informatika
  • Doran, John., 2015, Building an FPS Game With Unity, Packt

Profil Dosen

Rickman Roedavan
(Rikman Aherliwan Rudawan, S.T., M.Kom.)

Penulis Best Seller Unity & Construct2 Tutorial Game Engine. Dosen Pemrograman Aplikasi Permainan sekaligus Pembina Laboratorium Riset Multimedia Telkom University. Pernah berkolaborasi dalam tiset internasional bersama Universiti Teknologi Melaka Malaysia (UTEM) dan Multimedia University (MMU) dalam pengembangan produk Game-based Learning. Sebelumnya bekerja sebagai Senior Programmer dan System Analyst di bidang Wargaming System dan Flight Simulator di BUMN PT. Dirgantara Indonesia (Persero) 

Email: [email protected]

  1. Nomor Kursus

    MCGP0005
  2. Kelas Dimulai

  3. Kelas Berakhir

  4. Estimated Effort

    08:00
  5. Bahasa

    Indonesian
  6. Tipe Mata Kuliah

    Instructor Paced
  7. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.